Artikel
KEGIATAN PEMBELAJARAN SEBAGAI BENTUK SINERGI KEPADA MASYARAKAT
Kegiatan KKN Tematik UNRAM disasarkan kepada 3 pemangku kepentingan, yaitu mahasiswa, masyarakat (Mitra dan Pemerintah) dan Perguruan Tinggi. Nilai-nilai unggul KKN Tematik bagi mahasiswa UNRAM antara lain dalam bentuk proses pembelajaran menjadi leader, manajer, dan enterpreuner, proses membentuk moral kepribadian yang berkarakter mulia dan bermartabat, pengembangan diri yang tangguh sebagai inovator, motivator, dinamisator, dan problem solver, serta pembelajaran andragogik bersama masyarakat ". Salah satu contoh seperti mengadakan program pembelajaran kepada anak didik.
KKN Tematik UNRAM membangun sinergi berbagai elemen masyarakat, antara lain: masyarakat/organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, pemerintah Desa, pelaku usaha, KAGAMA, pemerintah kecamatan sampai dusun (wilayah) yang berpartisipasi sebagai narasumber dan mitra KKN Tematik UNRAM di lokasi.
Kemitraan menjadi salah satu sumber kekuatan dan keunggulan KKN Tematik UNRAM. Dengan kemitraan ini, pemberdayaan masyarakat dapat dijalankan melalui beraneka ragam program, dengan cakupan wilayah makin luas dengan kedalaman penanganan yang makin intensif . Dengan kemitraan, dapat dicapai sinergi dengan program yang memberi manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat. Dengan kemitraan ini pula kesinambungan dan ketuntasan suatu tema KKN Tematik UNRAM dapat dicapai.